Cara Gunakan SD Card Untuk Penyimpanan Internal Android

Cara Gunakan SD Card Untuk Penyimpanan Internal Android

Tak mampu dimungkiri, SD Card atau Kartu SD adalah keliru satu opsi terbaik dan praktis untuk menaruh data di smartphone. SD Card sendiri biasa digunakan untuk memperluas penyimpanan perangkat ponsel maupun tablet.

Meskipun smartphone Android pas ini sediakan area yang cukup bagi pengguna untuk menaruh data, pemanfaatan kartu memori senantiasa tak surut peminat.

Mungkin Anda memerlukan penyimpanan ekstra untuk menaruh video yang panjang, atau mungkin perlu menaruh foto bersama resolusi tinggi. Apa pun alasannya, Kartu memorti tidak mampu digunakan untuk menaruh file aplikasi dan game.

Android biasanya menginstal file .apk terhadap memori internal dan menaruh data terhadap Kartu memori. Itu artinya, pas memasang aplikasi atau game, Android gunakan memori internal dan eksternal. Namun, tak perlu pusing lagi jikalau penyimpanan internal terlalu sempit untuk menaruh seluruh data yang Anda butuhkan di Android Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD .

Anda mampu menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal Android. Bagaimana melakukannya tergantung terhadap versi Android apa yang Anda gunakan. Berikut langkah menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal di Android. Melansir Liputan6.com, selanjutnya ulasannya.

Android Marshmallow memperkenalkan perubahan terhadap langkah ponsel mampu menangani kartu memori, dan perubahan ini berlanjut ke versi Android selanjutnya. Anda saat ini mampu sesuaikan kartu microSD agar bermanfaat sebagai penyimpanan internal.

Alih-alih punya penyimpanan internal dan eksternal yang tersedia sebagai area terpisah, Android lihat kartu sebagai perpanjangan berasal dari memori yang terpasang di dalamnya.

Anda perlu mengaturnya khususnya dahulu. Kartu Anda bakal terhapus dalam proses, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data yang Anda butuhkan. Berikut caranya:

Masukkan kartu ke slot. Saat pemberitahuan Kartu SD Baru muncul, ketuk Set Up.
Selanjutnya, Anda perlu menentukan bagaimana ponsel gunakan kartu. Pilih Phone Storage di Android 9, atau “Use as Internal Storage” l terhadap versi yang lebih lama.
Atau, masuk ke Settings > Storage, ketuk card, ketuk tombol menu, dan menentukan Storage Settings. Ketuk Format as internal.
Di layar berikutnya, ketuk Format SD Card, atau Erase & Format. Ini bakal menformat kartu memori.
Di Android 9, Android menawarkan kesempatan untuk memindahkan konten — terhitung aplikasi — ke kartu. Ini terhitung menyatakan seberapa banyak area yang bakal dihemat. Tekan Move Conten untuk menyelesaikan.
Fitur ini disebut Adoptable Storage, dan mengharuskan Anda menaruh kartu memori di ponsel secara permanen. Kartu ini terhitung dienkripsi, jadi Anda tidak mampu memasukkannya ke perangkat lain untuk menyalin data.

Kelemahan besar untuk penyimpanan yang mampu diadopsi adalah bahwa sebagian produsen menentukan untuk tidak menawarkannya terhadap perangkat mereka. Jika Anda tidak memilikinya, maka Anda perlu tetap memindahkan aplikasi ke kartu SD secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *